Kamis, 01 Maret 2012

MENJADI DEWASA




“Usia Seseorang nggak menjamin kedewasaan orang tersebut”
Begitu kata salah satu rekan kerja saya di sela-sela acara makan malam di Mess waktu itu. Awalnya kami sedang membahas tentang seorang teman perempuan, sebut saja namanya Siska, 34 tahun, masih single. High Quality Jomblo di kantor saya. Cuman yang namanya manusia itu tidak luput dari ketideksempurnaan, Doi tergolong wanita “ANEH” menurut saya. Sekalipun saya nggak pernah ngelihat dia SENYUM apalagi RAMAH sama orang, Kalau ada masalah pekerjaan pasti semua di bawa-bawa, sampai tukang siomay depan kantor aja juga ikut kena MARAH gara-gara masalah pekerjaan atau masalah pribadi dia. Kalau sedang ada masalah sama sesame rekan kerjanya , tak jarang ia selalu melibatkan HRD untuk menyelesaikan masalah yg tergolong sepele menurut kami teman-temannya. Padahal sebenarnya bisa kok diselesaikan secara DEWASA.
Tak jarang orang bilang seperti ini  “Udah berumur tapi masih kayak anak kecil ajah”.
Tak dapat di pungkiri bahwa kenyataan seperti itu memang ada di lingkungan sekitar kita.  Tingkat kedewasaan yang tak sebanding dengan usianya. Salah satu contoh saya ambil dari mantan pacar saya. Semenjak ayahnya mengalami kecelakaan dan tidak bisa kembali normal lagi, ia menggantikan semua tugas ayahnya. Ia belajar dari pengalaman hidupnya. Al hasil meskipun dia lebih muda satu tahun dari saya, pemikirannya lebih dewasa bdibanding dengan saya waktu itu.
Kalau menurut saya “Seharunya” USIA dan KEDEWASAAN itu berjalan beriringan. Jangan sampai usia udah tidak muda lagi tapi kelakuan masih kayak anak ABG, makanya ada istilah yang namanya ABG TUA (hehe…ngasal). Atau sebaliknya anak SD dengan penampilannya yang menor mirip ibu-ibu yang mau pergi kondangan. Biasanya penampilan juga mempengaruhi cara berfikir anak sehingga tumbuhlah anak tersebut dewasa sebelum pada waktunya. Terlalu cepat dewasa saya rasa juga kurang baik.
Menjadi dewasa itu adalah pilihan, tak bisa di paksakan. Belajar dari pengalaman adalah cara untuk menambah kedewasaan bagi saya. Selain itu juga belajar dari orang-orang yang kita anggap lebih DEWASA  seperti contohnya belajar dari mama.
Menurut rumpiers untuk menjadi dewasa itu gimana?

0 komentar:

Posting Komentar