Minggu, 22 Januari 2012

Lagi-Lagi Pemerkosaan Di Angkot!!!

Pemerkosaan  di angkot kini terjadi kembali, sabtu(21/01/2012) pagi, seorang mahasiswi dengan inisial JR(18) mengaku di perkosa lima orang dan setelah diperkosa korban di tinggal begitu saja di pinggir rel kereta api. Miris sekali di sepanjang tahun 2011 hingga 2012 telah banyak terjadi kasus pemerkosaan di angkot. Tentu hal ini merupakan sebuah ancaman besar bagi kaum perempuan seperti saya. Rupanya pemerintah harus segera mengambil tindakan terhadap kasus-kasus pemerkosaan yang akhir-akhir ini kerap terjadi.Nggak lucu juga kali hidup di negeri sendiri tapi tidak ada rasa aman dan tentram.
Untuk semua perempuan harap berhati-hati dan waspada karena momok yang satu ini siap mengintai anda di manapun dan kapanpun. Berikut akan saya bagikan tips untuk kaum hawa ketika menggunakan jasa angkutan umum agar terhindar dari berbagai bentuk kejahatan di angkot:
  1. Hindari memperlihatkan barang-barang berharga seperti Hp dan perhiasan, simpan dulu hp dan perhiasan anda selama di atas angkot di tempat yang aman.
  2. Gunakan pakaian yang sopan dan tertutup jangan serba kekurangan bahan sehingga mempertontonkan keindahan tubuh perempuan yang nantinya memancing kejahatan.
  3. Ingat dan catat bila perlu no trayek, tujuan angkot, dan no polisi, agar lebih aman lagi pilih angkot dengan sopir yang menggunakan identitas pengenal seperti ID card atau seragam.
  4. Walaupun anda merasa lelah, hindari untuk tidur di dalam angkot, pastikan anda mengetahui rute jalan angkot bila merasa ada yang mencurigakan lebih baik turun di tempat yang aman.
  5. Hindari menerima makanan dan minuman dari orang lain yang tidak anda kenal, usahakan membawa makanan dan minuman sendiri.
  6. Hindari berpergian pada jam-jam sepi, kalo memang kepepet harus pergi di malam hari akan lebih baik ada yang menemani. 
  7. Rasanya nggak ada salahnya bila kita sebagai perempuan memiliki senjata yang dapat di gunakan untuk melindungi diri sendiri. contohnya semprotan gas air mata dalam botol kecil, bisa di dapat di toko-toko online, harganya juga terjangkau kok.
  8. Hafalkan dan catat no telpon penting yang di hubungi pada saat keadaan darurat.
Saudaraku baik di ngerumpi maupun dimana pun kalian berada, berhati-hatilah saat berpergian kalau kata orang tua saya dalam bahasa jawa "tetep eling lan waspodo".hehe….

0 komentar:

Posting Komentar