Selasa, 12 Juni 2012

Love Our Planet





Global Warming, sebuah kalimat simple tetapi memiliki dampak besar terhadap kelangsungan hidup di bumi. Semua itu terjadi dan akan semakin memburuk selama kita masih bisa bernafas dan jantung kita berdegup. Setiap pagi saat berangkat ke kantor, kalian semua pasti sering mendapati kejadian berikut menemukan tebalnya asap-asap kendaraan yang meng-emisi gas CO dan Pb berbahaya bagi kesehatan kita. CO yang masuk dalam darah dan bergabung dengan Hemoglobin sehingga mengganggu fungsi utamanya dalam pengikatan Oksigen sedangkan Pb  merupakan logam berat yang membahayakan otak. Ditambah dengan asap dari industri terlontar ke udara, yang sanggup memecah lapisan ozon memperparah keaadan bumi, tempat tinggal kita.
Lubang lapisan ozon di antartika semakin menganga, mempersilahkan sinar UV masuk melalui lubang itu tanpa di filter terlebih dahulu. Tak lama ini seorang ilmuwan menemukan salah satu tanjung di antartika menghilang karena mencair. Hiii…membayangkan saja sudah sangat mengerikan.
Dengan adanya berita-berita di Televisi mengenai bencana alam banjir, Tsunami, Tanah Longsor, Badai yang melanda, harusnya kita sebagai manusia menyadari bahwa hal ini merupakan salah satu dampak dari perubahan keseimbangan lingkngan akibat pemansan global. Saat ini seakan bumi sedang marah pada manusia yang mengambil kekayaanya dengan serakah dan tidak bertanggung jawab. Penebangan liar hutan-hutan, pembuangan limbah ke sungai, pembalakan liar hutang mangrove merupakan beberapa contoh tindakan manusia yang tidak bertanggung jawab.
Dari tulisan saya di atas, pertanyaan saya, “Dengan banyaknya isu lingkungan yang sering kita dengar, apa kontribusi kita terhadap bumi dan apa yang seharusnya kita lakukan?”
Sudahkan kita membuang sampah pada tempatnya?
Sudahkan kita melakukan penghematan energy  (mengurangi penggunaan BBM, Air, dll)?
Sudahkah kita menjaga dan melestarikan lingkungan kita, serta tidak melakukan perusakan lingkungan?
Bukan aku sok paham dan sok mengerti dengan masalah lingkungan, aku hanya ingin mengajak kalian semua ikut berupaya untuk menyelamatkan bumi kita. Aku sendiri mulai sadar pentingnya meningkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan semenjak bergabung dengan komunitas pecinta lingkungan di kantorku, yang saat ini sedang gencar mengkampanyekan “GO GREEN” di lingkungan sekitar. So, ndak ada salahnya kan kalau aku juga melakukan kampanye di sini untuk mengajak kalian semua agar lebih peduli sama lingkungan sekitar. 
Kasihan bumi kita, Mulai sekarang buang sampah jangan sembarangan ya!!
Lebih baik naik kendaraan umum, jalan kaki, atau bersepeda (itung-itung olahraga) kalau jarak yang di tempuh tidak telalu jauh :D
Nanam pohon di rumah karena daun dari pepohonan dapat menyerap emisi CO2 dari pembakaran mesin.
Usahakan mengurangi penggunaan Plastik (kresek)
Terakhir, Ayo kawan berikan kontribusimu untuk bumi dengan melakukan hal-hal simple di atas!!! 


Selamat Makan Siang!!!

-Strawberry-

0 komentar:

Posting Komentar